Home > Fisika 1 > Hukum Kekekalan Energi

Hukum Kekekalan Energi


Hukum Kekekalan Energi mengatakan “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya”. Hukum ini diciptakan oleh James Prescott Joule, seorang ahli fisika Inggris yang namanya diabadikan menjadi satuan energi.

13059886081254444945

Hukum ini juga berlaku dalam kehidupan manusia.

Aktivitas yang kita lakukan setiap hari merupakan perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Contohnya, saat kita makan, kita mengubah energi kimia dari makanan menjadi energi yang kita gunakan untuk bergerak dan berpikir. Energi yang kita berikan untuk perusahaan saat kita bekerja akan ditukar menjadi energi potensial yang kita dapatkan dari perusahaan (income). Akan tetapi, energi tersebut tidak akan berubah saat kita diam. Oleh karena itu, gunakanlah waktu yang kita miliki untuk bekerja dan berkarya. Jangan hanya diam!

Siapapun yang berkecimpung dalam belantara fisika ataupun kimia, haruslah menunduki suatu hukum yang merupakan poros dari suatu sifat perubahan. Hukum itu adalah Hukum Kekekalan Energi. Hukum yang menyatakan bahwa Energi itu tetap dan tidak mungkin diciptakan atau dimusnahkan. Energi di alam itu tidak mungkin bertambah atau berkurang. Jumlah keseluruhan Energi di alam (energi pikiran manusia, energi nuklir, energi matahari, energi tumbuhan, energi otot, kalor, energi gerak, energi potensial, energi listrik, energi elektromagnetik, foton, dan sebagainya), dari dahulu sampai sekarang dan yang akan datang adalah tetap dan tak berubah jumlahnya. Energi bisa saja berubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain namun ia tidak bisa dimusnahkan atau diciptakan yang berarti tidak bisa berkurang atau bertambah jumlahnya.

Pernahkah anda mempelajari implikasi atau konsekuensi dari Hukum Fisika atau bahkan Hukum dunia ini pada kepercayaan disekeliling anda? Jika belum, mari kita bersama-sama mempelajarinya.

Kekekalan itu berarti Tanpa Penciptaan

Sudah jelas bahwa kekal itu berarti abadi. Kekal itu tak memiliki penciptaan. Kekal itu tidak akan musnah. Yang Kekal, Yang Abadi, Yang Tak Punya Pencipta, Yang Tak Mungkin Musnah, Tak Berawal dan Tak Berakhir: dialah ENERGI. Wah kalau begitu Tuhan punya saingan dong? Bukankah Tuhan itu juga Kekal, Abadi, dan Tak punya Awal dan Akhir? Wah, mungkin juga Tuhan itu sama dengan Energi.

—Huss, jangan ngawur kamu! Entar rumah dan tubuhmu bisa rusak dangsak dan kamu bisa jadi korban kriminalitas ego keagamaan mereka! Hati hati ya kalau bicara! Bicaramu atau Tulisanmu bisa jadi Neraka Hidupmu, Tahu kagak!?! Indonesia bukan tempat yang nyaman untuk umbar cocot dan bacotan konyolmu! Ingat itu! Apalagi kamu bukan blogger Anonim! Untung aja kamu koar koar hanya di dunia maya, kalau di alun-alun kota kamu bisa mampusss!! Puss!! Puss!! Meoongggg. Lho, kamu kucing ya? Baru tahu aku. Ha ha ha ha —

Karena Energi itu sendiri merupakan entitas Alam itu sendiri maka, Alam itu sendiri dengan sendirinya akan mengikuti sifat-sifat dari Energi (Ini dalam pemahaman Hukum Fisika Kekekalan Energi). Dengan demikian Alam itu sendiri Kekal, Abadi, Tak Berpencipta, Tak mungkin musnah, Tak berawal dan Tak berakhir.

Penyusun-penyusun dari energi itu sendiri merupakan suatu entitas yang membuat alam itu bekerja: Waktu, Jarak, Massa. Ingat rumus energi kinetik yang bernilai setengah kali massa kali kuadrat kecepatan? Yang ingin saya beritahukan disini adalah waktu itu sendiri sebagai suatu bagian dari dogma kausalitas merupakan bagian dari Energi. Jarak itu sendiri yang membentuk ruang atau volume itu juga merupakan bagian dari Energi. Entitas yang memiliki massa atau bahkan tidak bermassa seperti foton itu yang menghuni ruang dan waktu juga merupakan bagian dari Energi. Energi adalah waktu, jarak, dan massa. Energi adalah segala sesuatu yang ada di alam. Energi adalah alam itu sendiri.

Lalu konsekuensi dengan Kepercayaan kita apa? Silahkan tanya pada diri anda sendiri.

Kita muncul ke dunia dan memiliki kesadaran serta pengalaman adalah suatu bentuk dari manifestasi energi. Kita adalah energi. Pikiran kita adalah bentuk energi, gerakan kita adalah energi, jantung kita adalah energi. Seluruh jiwa dan raga kita adalah manifestasi bentuk dari energi. Kematian kita juga akan kembali menjadi bentuk energi yang lain.
Siapapun itu yang bernama Adam dan Hawa mereka juga merupakan manifestasi Energi. Apapun itu yang dinamakan black hole, matahari, surga, neraka, kesemuanya itu merupakan energi. Energi adalah Yang Ada (yang ada disini dimaksudkan sebagai entitas yang tidak mempunyai kutub negatif atau mempunyai lawan seperti yang tak ada, Satu yang tak memiliki entitas banyak)

Seluruh argumen diatas bermula dan berpijak pada dogma fisika yang dinamakan: Hukum Kekekalan Energi. Jika anda tidak mempercayai atau mungkin meragukan Hukum Kekekalan Energi yang diajukan para ilmuan melalui induksi ilmiah ini (sering disebut metode Ilmiah), maka seluruh argumen saya diatas mungkin jadi tidak berarti. Mohon maaf jika demikian. Saya hanya ingin memahami.

Bagaimana Pandangan Saya Sendiri mengenai Kekekalan Energi?

Dalam pandangan saya sendiri, Hukum Kekekalan Energi dan segala sesuatu konsep atau hukum dan sejenisnya yang bermunculan dari kebudayaan manusia, termasuk pemikiran agama dan tentunya pemikiran saya sendiri, secara mendasar khas filsafat, mengandung sifat “kebisajadian”. Artinya ia bisa jadi benar tetapi bukan merupakan sesuatu yang betul-betul benar. Bekerjanya sebuah hukum atau teori bukan berarti teori itu betul-betul benar, tetapi teori itu pada saat itu memang “terbukti” bekerja secara empiris pada sesuatu hal. Saya masih lebih suka mengikuti pemikirannya Popper mengenai hukum-hukum atau teori-teori fisika atau lebih umum sains dengan metode falsifikasinya.

 

Categories: Fisika 1
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: